• Wed. Nov 25th, 2020
5 Jenis Minuman Alkohol yang Sebaiknya Kamu Tahu

Minuman beralkohol sering dianggap sebelah mata dan hanya membawa masalah dalam kehidupan banyak orang. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, minuman beralkohol tidak akan menyebabkan masalah apapun. Salah satu minuman alkohol yang sering dikonsumsi adalah whisky. Sekarang, kita dengan mudah menemui orang-orang yang jual whisky.

Selain jenis ini, ada beberapa jenis lainnya yang juga perlu kamu ketahui, apa saja?

1. Scotch whisky

Minuman jenis ini memiliki dua tipe, grain dan malt. Jika kedua tipe tersebut dicampur, maka akan menjadi jenis blended whisky. Rasio standar untuk pencampuran ini adalah 60% grain dan 40% malt. Proses pencampuran sendiri biasanya membutuhkan hingga 30 whisky dari berbagai usia untuk menciptakan campuran yang sempurna.

2. Wine

Minuman ini terbuat dari sari buang anggur dengan jenis vitis vinifera yang biasanya hanya mampu tumbuh di daerah 30 hingga 50 derajat lintang Utara dan Selatan.  Anggur atau wine sendiri juga terbagi dalam beberapa jenis yaitu Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine dan Fortified Wine. Kamu bisa melihat perbedaan jenis winr dari warna dan aromanya. Kadar alkohol minuman ini antara 8-15%.

3. Vodka

Vodka mengandung alkohol dengan kadar cukup tinggi, yakni berkisar antara 35-60%, namun tidak memiliki warna. Biasanya minuman vodka disuling dari gandum yang difermentasi terlebih dahulu.

4. Champagne

Minuman ini terbuat dari minuman anggur putih yang mempunyai gelembung dan dihasilkan di kawasan Champagne di Perancis, sekitar 90 km di Timur laut Paris. Minuman alkohol jenis ini biasanya hanya diminum ketika acara-acara khusus seperti perayaan ulang tahun, pesta dan lainnya. Kamu bisa melihat kualitas minuman ini dari warnanya. Champagne berkualitas baik memiliki warna kekuningan.

5. Sake

Jenis-jenis minuman alkohol selanjutnya ada Sake. Negara asal minuman ini adalah Jepang dan dibuat dari fermentasi beras. Banyak juga yang menyebutnya dengan istilah anggur beras. Meski, berasal dari Jepang, nyatanya, tidak di semua wilayah Jepang memiliki arti Sake yang sama.

Semua minuman beralkohol tentu memiliki cara penyimpanannya sendiri. Jika kamu memiliki minuman beralkohol di rumah, maka kamu harus menyimpannya dalam suhu ruangan yang tepat dan tidak mudah berubah. Hindari juga untuk menyimpan minuman beralkohol di Mesin Pendingin untuk menjaga cita rasanya.